Server Yum Linux Igos 2006 Error

Kemarin saya sempat bingung, soalnya baru saja install Igos Nusantara 2006. Waktu install sih lancar-lancar saja. Karena saya sendiri udah biasa install sistem operasi linux he he he…
setelah proses penginstallan selesai. komputer saya restart. selanjutnya saya setting ip agar internet dapat terkoneksi.
selanjutnya saya coba tambahan software lainya yang saya butuhkan.
langsung aja saya buka aplikasi terminal dan ketikan perintah su untuk masuk sebagai super user. dan selanjutnya ketikan perintah yum.
setelah beberapa menit. aduh kok muncul error “server not found”. kenapa nih kok ngga jalan. gimana saya harus nambahin aplikasinya. sementara kebanyakan aplikasi yang saya butuhkan tidak tersedia secara default pada cd installernya, masa saya harus install dari source kodenya semua. bisa-bisa habis waktu saya buat ngurusin install-menginstall aplikasi.
saya pun coba tanya-tanya ke komunitas linux. mereka bilang “wah itu kayaknya server sudah nggak aktif”.

kalau server nggak aktif gimana saya harus nambahin aplikasinya. saya pun coba searcing ke sana-sini. sempat juga sih saya berfikir untuk ganti distro. tapi ganti distro apa yah dengan komputer yang hardware nya pas-pas seperti ini.
tetapi syukurlah sebelum saya melakukan tindakan install ulang, saya menemukan alamat index repositori igos nusantara 2006 yaitu di situs kambing.ui.edu
saya pun segera menggantikan semua alamat server yum ke server tersebut di atas.
berikut langkah-langkahnya menggantikan server yum
buka terminal lalu ketikan su untuk masuk sebagai super user
$su [enter]
[..;masukan password root anda;….]
masuk ke direktori yum.repos.d
#cd /etc/yum.repos.d/ [enter]
lihat isi file nya
#ls
default ign-base.repo ign-extra.repo ign-livna.repo
ign-atrpms.repo ign-bebas.repo ign-freshrpms.repo ign-update.repo
nah di dala file-file tersebut alamat server berada
sekarang kita ke tujuan awal yaitu mengganti arah server yum.
untuk menggantinya kita bisa pakai perintah vi contohnya :
#vi ign-atrpms.repo [enter]
maka akan muncul keterangan tentang alamat server yum kita tinggal menggantinya. untuk mengeditnya tekan tombol “insert” sebelah kanan pada keyboard terus pindahin kursor pakai anak panah pada keyboard. dan hapus seperti biasa mengedit text pada saat mengetik pada text editor.
beikut contoh file yang sudah diganti
[atrpms]
name=IGN 2006 Atrpms
baseurl=ftp://kambing.ui.edu/ign/2006/atrpms/
enabled=1
gpgcheck=0
setelah selesai mengedit klik tombol ‘Esc’ kiri atas keyboard. dan klik :wq untuk menyimpam dan keluar dari vi. file yang berada direktori yum.repos.d semua juga di edit seperti di atas.
setelah semua file selesai diedit. sekarang coba ketikan perintah yum. apa bila ada error betulkan errornya. biasanya sih alamat server yang salah.

begitu dokumentasi hari ini … Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: